Breaking

Friday, January 25, 2019

Cara Mudah dan Ampuh Mengatasi Bootloop di HP Android Anda

Cara Mudah dan Ampuh Mengatasi Bootloop di HP Android Anda

Mengatasi bootloop di HP android

Bootloop adalah kesalahan atau kerusakan sistem Android dimana ada kesalahan saat proses penyalaan (Booting). Saat Bootloop terjadi,HP Android tidak akan bisa masuk ke HomeScreen, melainkan terus-terusan berada pada Bootanimation (Animasi Booting). Nah kali ini saya akan terangkan cara mudah dan ampuh bagaimana mengatasi bootloop di HP android kalian guys.

1. Cara mengatasi bootloop dengan Restart HP

Cara ini dapat kamu lakukan jika bootloop kamu dalam tingkat ringan. Biasanya terjadi karena kesalahan pengoperasian data tanpa melalui Recovery Mode.
Caranya mudah kok, yaitu melakukan restart HP dengan cara mematikan HP kamu. Lepas baterai, kartu SIM dan SD Card. Tunggu HP kmau setidaknya selama 15 menit. Pasang kembali Baterai, SIM dan SD Card dan nyalakan kembali HP kamu. Jika masih tidak bekerja, gunakan cara berikutnya.

2. Cara mengatasi bootloop dengan Wipe Cache Partition

Wipe Partition merupakan cara yang cukup ampuh untuk mengatasi Bootloop. Cara ini dapat kamu lakukan tanpa takut kehilangan seluruh data HP juga sob. Caranya cukup mudah, yaitu cuku masuk ke Recovery Mode pada HP kamu dan pilih Wipe Cache Partition dan pilih YES. Cara masuk ke Recovery Mode ini tiap HP berbeda-beda. Berikut adalah cara masuk ke Recovery Mode di sebagian Merk HP.

Samsung :
Home + tombol power
Home + volume UP + tombol power

Huawei :
Tombol power + Volume UP

LG :
Home + Volume UP + Power

Asus :
Power + Volume UP hingga muncul logo kemudian lepas tombol power sambil terus menekan Volume UP.

HTC :
Power + Volume DOWN, HP kamu akan kembali ke halaman utama jika berhasil. Kalau masih bermasalah, maka kamu harus melakukan Factory Reset guys.

3. Cara mengatasi bootloop dengan Factory Reset

Cara mengatasi Bootloop yang paling ampuh adalah dengan Wipe Data atau Factory Reset HP kamu melalui Recovery Mode. Secara teknis cara ini akan mengatur ulang software system dan seperti pertama kali dipasangkan system. Saat kamu berada di menu Recovery Mode, pilih Factory Reset lalu pilih YES. Sistem akan memproses secata otomatis. Biarkan HP kamu melakukan Factory Reset tanpa diganggu. Setelah berhasil, HP kamu seharusnya masuk ke halaman HOME.

4. Cara mengatasi bootloop dengan Flashing ROM

Flashing ROM adalah cara paling rumit dan tergolong berat untuk mengatasi masalah Bootloop. Penggunaan cara ini pun hanya dilakukan jika HP kamu mengalami masalah Bootloop yang serius.

Biasanya masalah Bootloop ini dikarenakan salah menginstal custom ROM atau salah update OS ke dalam HP kamu. Cara yang harus dilakukan untuk mengatasinya adalah Flashing ROM yang sesuai dengan HP kamu.

No comments:

Post a Comment