Breaking

Tuesday, January 8, 2019

6 Fitur Yang Diprediksi Bakal Menjadi Trend Smartphone 2019

Fitur smartphone yang akan trend di tahun 2019

Fitur smartphone yang akan trend di tahun 2019


Banyak fitur baru smartphone mulai bermunculan. Namun inilah beberapa fitur smartphone yang akan booming di tahun 2019 dan saya yakin akan menjamur diseluruh brand HP dari kelas premium sampai kelas menengah.

Sensor fingerprint di layar Smartphone



Tahun lalu VIVO salah satu vendor smartphone ternama unjuk gigi dengan teknologi in-Display fingerprint scanner. Teknoligi ini merupakan sensor sidik jari yang biasanya tersemat di belakang body, kini pindah didalam layar. Teknologi ini diprediksi akan menjadi trend di tahun 2019 ini. Karena banyak vendor smartphone lainnya seperti Xiaomi Mi 8 Explore Edition, Oppo R17 maupun OnePlus 6T yang mengadopsi teknologi serupa.

Jaringan internet 5G



Perkembangan jaringan 5G sudah semakin dekat dan nyata. Di Amerika serikat, sebagian wilayah Eropa dan China pun menargetkan jaringan 5G bisa diimplementasikan pada 2019. Para vendor smartphone pun sudah mulai berpikir untuk menyediakan layanan 5G.

Salah satu vendor smartphone Xiaomi sudah memiliki rencana menghadirkan ponsel Mi Mix 3 yang mendukung jaringan 5G tahun ini.

Nah, semoga aja Indonesia bisa dengan cepat meratakan jaringan 4G nya dulu guys. Permasalahan ini sebenarnya sangat mengganggu pengguna internet. Dikarenakan jaringan 4G yang belum merata ke semua tempat. Yang jelas ini akan menjadi PR tersendiri bagi pemerinta dan penyedia layanan internet untuk mengikuti perkembangan jaringan 5G dan disisi lain harus memberi layanan yang sama bagi semua tempat terlebih daerah terpencil.

Layar bolong



Setelah trend layar poni di tahun 2018, diprediksi ponsel layar bolong akan menjadi trend. Inovasi layar bolong ini diawali oleh Samsung Infinity-O display. Kemudian vendor lainpun seperti Huawei, Lenovo diam-diam mengembangkan desain serupa. Layar bolong pada ponsel adalah desain lubang kecil disalah satu layar dengan kepentingan untuk kamera depan yang lebih canggih dan futuristik.

Peningkatan jumlah kamera belakang



Kalu dulu smartphone beradu resolusi, tahun 2019 ini diprediksi akan beradu kuantitas. Terlihat dari Samsung Galaxy A9 yang membawa 4 kamera belakang pada September tahun 2018 dan Huawei Mate 201 series dengan 3 kamera belakang. Menariknya, masing-masing kamera mempunyai fungsi tersendiri. Yang terbaru adalah informasi bocoran dari Nokia Pure-View yang mempunyai 5 lensa kamera. Trend ini tetap akan ada karena kebutuhan fotografi pengguna yang semakin komplek.

Kamera pop up atau geser



Oppo bisa dikatakan pionir trend kamera pop up atau geser dengan keluarannya OPPO FIND X. Beberapa smartphone pun turut mengadopsi desain serupa walaupun dengan cara yang berbeda seperti Honor Magic 2, Xiaomi Mi Mix 3 dan VIVO NEX. Inovasi ini melahirkan trend smartphone tanpa poni yang mengusung desain layar penuh di bagian mukanya.

Smartphone layar lipat



Tahun 2018 mulai banyak muncul spoiler dari beberapa vendor ponsel seperti Samsung dan Huawei mengeluarkan smartphone layar lipat. Smartphone layar lipatpun diprediksi akan menjadi trend ditahun ini dan akan menjadi persaingan sengit karena vendor Xiaomi, Lenovo dan OPPO pun tak mau kalah dalam memunculkan smartphone layar lipat pada tahun 2019.

No comments:

Post a Comment