Breaking

Saturday, February 2, 2019

Kelebihan Root Pada Smartphone Android

Kali ini saya akan menjelaskan apa saja kelebihan root pada smartphone android. Walaupun sebenarnya ada kekurangannya, namun pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan dulu apa kelebihannya.

kelebihan root pada HP android

Inilah kelebihan root pada HP android


1. Hapus aplikasi bawaan

Beberapa vendor kerap menyematkan aplikasi-aplikasi pada smartphone pengguna. Pastinya aplikasi ini juga memakan banyak memori internet dan juga RAM di HP kamu. Sayangnya kamu tidak bisa begitu saja menghapus aplikasi bawaan atau yang biasa disebut bloatware. Kamu bisa menghapus aplikasi bawaan dengan mempunyai akses root dalam perangkat kamu.

2. Backup dan restore aplikasi

Salah satu cara agar HP kamu selalu dalam kondisi yang prima adalah dengan rutin melakukan Factory Reset. Nah setelah itu kamu pasti merasa repot untuk menginstall kembali aplikasi yang udah kalian install sebelumnya. Cara paling ampuh adalah dengan cara mem-backup semua aplikasi yang udah kalian install lewat Titanium Backup. Sayangnya Titanium Backup sendiri mumbutuhkan akses root untuk melakukan Backup dan Restore di smartphone kamu.

3. Kontrol kernel dan CPU

Dengan adanya akses Root di Smartphone, kamu bisa melakukan Overclock pada CPU di smartphone kamu. Overclock sendiri dapat diartikan sebagai memaksa prosesor untuk dapat melakukan pekerjaan sampai batas maksimalnya. Sudah pasti dengan di Overclock nya prosesor HP kamu akan terasa lebih cepat dan ringan.

4. Menghindari wakelock

Wakelock adalah kondisi dimana system yang terbangun oleh aplikasi-aplikasi yang terus menerus berjalan di background. Kondisi ini pastinya dapat membuat smartphone kamu terasa lebih lambat dan cepat menghabiskan baterai juga.
Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan aplikasi Greenify yang akan membuat aplikasi masuk ke mode hibernasi saat tidak digunakan. Tapi lagi-lagi kamu harus mempunyai akses root untuk menggunakannya.

5. Mengedit Build.prop

Salah satu cara untuk memaksimalkan kinerja smartphone Android adalah dengan cara mengedit file build.prop yang dapat kamu akses di /system/build.prop. Kamu juga bisa dapat melakuka tweak pada baterai dan masih banyak lagi lewat file ini.

Itulah beberapa kelebihan Root pada HP android kalian. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan setelah ini, saya akan menerangkan apa saja bahaya melakukan Root pada smartphone android kalian.

No comments:

Post a Comment